Apasihitu

Pengertianya adalah blog berbentuk magazine yang di didalamnya berisi hal hal dan tips trik menarik seputar pengertian, astronomi, sains, cinta, arkeologi, inspirasi, motivasi,tutorial photoshop, tutorial blogger, dan masih banyak lagi yang menarik dan bermanfaat lainya.

Jumat, 10 Mei 2013

Pengertian Imperialisme


Pengertian Imperialisme -  Imperialisme adalah perluasan daerah kekuasaan atau jajahan untuk mendirikan kekaisaran atau imperium. Atau bias juga diartikan sebagai sistem penjajahan langsung dari suatu Negara terhadap Negara lain, yang bertujuan untuk kepentingan Negara penjajahan.


Jenis – Jenis Imperialisme

1.      Berdasarkan waktunya, Imperialisme dibedakan menjadi dua yaitu, kuno dan modern. Imperialisme kuno sudah berlangsung sebelum adanya revolusi induustri dengan tujuan Gold, Glory, dan Gospel (Semboyan inperialisme kuno). Imperialisme modern berlangsung setelah terjadinya revolusi industri dengan mementingkan masalah ekonomi (Negara jajahan dijadikan sumber untuk mencari bahan baku, tempat pemasaran dan tempat penanaman modal), Disamping itu juga melaksanakan praktik dominasi di bidang politik, sosial, dan budaya.
Sifat dari kedua imperialisme itu adalah sama, hanya sistemnya yang berbeda. Sifat hakikinya berupa nafsu serakah untuk mendapatkan kekayaan dan kekuasaan. Kekayaan yang dikejar pada masa imperialism kuno biasanya berwuujud emas dan logam mulia lainya (perak). Sistem yang mendukungnya adalah merkantilisme dimana dalam praktiknya melakukan monopoli, kerja paksa, dan sebagainya. Sedangkan para imperialisme modern didukung oleh industrialisme serta upah buruh yang sangat minim, tanpa memiliki hak dalam pproduksi.
2.      Berdasarkan tujuanya, Imperialisme dibagi menjadi 4.
           a.      Imperialisme politik yaitu upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari              Negara lain.
            b.      Imperialisme ekonomi yaitu  suatu upaya agar dapat menguasai perekonomian dari negara lain.
            c.       Imperialisme militer  yaitu upaya untuk menguasai daerah-daerah dari negara lain, yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan akatan bersenjata.
            d.      Imperialisme kebudayaan yaitu suatu upaya untuk menguasai mentalisasi dan jiwa negara lain.

Akibat Imperialisme

a.      Politik : terbentuknya pemerintahan negara jajahan yang memiliki hak-hak politik pada daerah jajahan, dan hilanhnya hak-hak politik bagi penduduk daerah jajahan.
b.      Ekonomi : negara penjajahan menjadi sangat kaya, sedangkan rakyat yang dijajah semakin miskin.
c.       Sosial : kaum penjajah belanda di kelas atas dan kaum pribumi berada di kelas bawah.
d.      Budaya : kebudayaan daerah jajahan mulai digeser dengan budaya para jajahan.
e.      Agama : berkembangnya agama yang dibawa penjajah di daerah jajahan sebagai bagian daei misi penyebaran agama.

Berlangganan via email

 
Back To Top