Apasihitu

Pengertianya adalah blog berbentuk magazine yang di didalamnya berisi hal hal dan tips trik menarik seputar pengertian, astronomi, sains, cinta, arkeologi, inspirasi, motivasi,tutorial photoshop, tutorial blogger, dan masih banyak lagi yang menarik dan bermanfaat lainya.

Rabu, 27 Februari 2013

Khawatir Serang Manusia, Satu-satunya Beruang Liar di Swiss Dibunuh


Dari tiga ekor beruang yang coba dihadirkan kembali di kawasan Swiss, dua di antaranya sudah lebih dahulu tewas karena tertabrak mobil

beruangIlustrasi beruang. (thinkstockphoto)
Satu-satunya beruang yang hidup di alam bebas Swiss tewas ditembak setelah muncul kekhawatiran bahwa ia bisa menghadirkan ancaman bagi manusia. Dalam pengumuman yang dikeluarkan pihak berwenang, beruang jantan yang disebut dengan nama “M13” itu ditembak mati oleh para penjaga hutan.
Adrian Aeschlimann, juru bicara Federal Office for the Environment, Swiss, menyatakan, tindakan yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana pengelolaan beruang di Swiss. M13 hidup di pegunungan sekitar Graubuenden, timur Swiss, kawasan yang berbatasan dengan Italia.
Ia menghabiskan musim panas di Val Poschiavo, Italia. Namun hewan yang berusia sekitar dua tahun ini berkali-kali telah pergi ke kawasan tak berpenghuni saat mencari makan dan bahkan mengikuti orang. Pada November 2012, beruang ini sudah mulai dianggap sebagai masalah dan ditempatkan dalam daftar pantauan. Penempatan pada daftar pantauan merupakan satu langkah terakhir sebelum keputusan untuk tembak mati.
Meski begitu, sebelum menentukan pilihan untuk menembak mati sang beruang, para penjaga hutan Swiss juga sudah berupaya untuk menjauhkan hewan itu dari manusia, dengan menembakkan peluru karet dan mercon.
M13 merupakan satu-satunya beruang yang masih bertahan hidup dari tiga ekor anak beruang yang tersisa di Swiss. Dua saudara laki-lakinya, yakni M12 dan M14 sudah lebih dahulu tewas tahun lalu, karena tertabrak mobil di Italia.
Ketiga beruang ini sebenarnya merupakan bagian dari program kawasan Trentino Alto Adige, Italia, untuk memperkenalkan kembali hewan yang sudah lama musnah di kawasan tersebut akibat diburu. Pada kawasan perbatasan di sisi Italia, kini populasi beruang tersebut sudah mencapai 30 ekor.
Langkah yang diambil oleh para petugas penjaga hutan Swiss untuk menembak mati M13 juga dilakukan setelah mereka berkonsultasi dengan instansi perlindungan satwa liar Italia. Namun tetap saja, para aktivis WWF mengecam keputusan Swiss untuk menembak mati M13.
Menurut para aktivis WWF, seekor beruang bangun dari hibernasinya dan menuju ke kawasan lembah untuk mencari makan merupakan tindakan yang sangat alami.
Pasalnya, beruang akan segera kembali ke pegunungan saat cuaca memungkinkan. Selain itu, dengan bertambahnya usia, ada kemungkinan pula M13 pergi ke arah Italia untuk mencari pasangan dan kawin.

Berlangganan via email

 
Back To Top