diantara yang tunjukkan keutamaan sepuluh hari pertama bln. dzulhijah yaitu hadits ibnu ‘abbas, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».
“tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh allah melebihi amal sholeh yang dikerjakan pada hari-hari ini ( yakni 10 hari pertama bln. dzul hijjah ). ” beberapa teman dekat ajukan pertanyaan : “tidak juga jihad di jalur allah ?” nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “tidak juga jihad di jalur allah, jika orang yang berangkat jihad dengan jiwa serta hartanya tetapi tak ada yang kembali satupun.
ibnu rajab al hambali menyebutkan, “hal ini tunjukkan bahwa amalan mafdhul ( yang kurang utama ) bila dikerjakan di saat afdhol ( utama ) untuk beramal, jadi itu dapat menyaingi amalan afdhol ( amalan utama ) di waktu-waktu yang lain. amalan yang dikerjakan di saat afdhol untuk beramal dapat mempunyai pahala berlebih dikarenakan pahalanya yang dapat dilipatgandakan. ” mujahid menyebutkan, “amalan di sepuluh hari pada awal bln. dzulhijah dapat dilipatgandakan. ”
keutamaan sepuluh hari awal dzulhijah berlaku untuk amalan apa saja, tidak terbatas pada amalan spesifik, hingga amalan tersebut dapat shalat, sedekah, membaca al qur’an, serta amalan sholih yang lain. diantara amalan yang disarankan di awal dzulhijah yaitu amalan puasa. dari hunaidah bin kholid, dari istrinya, sebagian istri nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan,
عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal dzulhijah, pada hari ‘asyura’ ( 10 muharram ), berpuasa tiga hari tiap-tiap bulannya.
diantara teman dekat yang mempraktekkan puasa sepanjang sembilan hari awal dzulhijah yaitu ibnu ‘umar. ulama lain layaknya al hasan al bashri, ibnu sirin serta qotadah juga mengatakan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. inilah sebagai pendapat mayoritas ulama.
catatan : terkadang didalam hadits dijelaskan berpuasa pada sepuluh hari awal dzulhijah. yang ditujukan yaitu mayoritas dari sepuluh hari awal dzulhijah, hari idul adha tidak terhitung didalamnya serta tidak diperbolehkan berpuasa pada hari ‘ied.
keutamaan hari arofah
diantara keutamaan hari arofah ( 9 dzulhijah ) dijelaskan didalam hadits tersebut,
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ
“di pada hari yang allah banyak membebaskan seseorang dari neraka yaitu di hari arofah ( yakni untuk orang yang ada di arofah ). dia dapat mendekati mereka lantas dapat memperlihatkan keutamaan mereka pada beberapa malaikat. lantas allah berfirman : apa yang di idamkan oleh mereka ?”
tersebut keutamaan orang yang berhaji. saudara-saudara kita yang tengah wukuf di arofah sekarang ini sudah rela meninggalkan sanak keluarga, negeri, sudah juga menggunakan hartanya, serta badan-badan mereka lalu didalam kondisi letih. yang mereka kehendaki hanya ampunan, ridho, kedekatan serta pertemuan dengan rabbnya. dambaan mereka yang ada di arofah inilah yang dapat mereka dapatkan. derajat mereka lalu dapat bergantung dari kemauan mereka tiap-tiap.
keutamaan yang lain, hari arofah yaitu saat mustajabnya do’a. dari ‘amr bin syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ
“sebaik-baik do’a yaitu do’a pada hari arofah. ” maksudnya, inilah doa yang sangat cepat dipenuhi atau terkabulkan. lantas sebaiknya kaum muslimin memakai saat ini untuk banyak berdoa pada allah. do’a pada hari arofah yaitu do’a yang mustajab dikarenakan dikerjakan pada saat yang utama.
janganlah tinggalkan puasa arofah untuk yang tidak berhaji
untuk orang yang tidak berhaji disarankan untuk menunaikan puasa arofah yakni pada tanggal 9 dzulhijah. perihal ini menurut hadits abu qotadah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“puasa arofah bisa menghapuskan dosa 1 tahun yang lantas serta 1 tahun akan tiba. puasa asyuro ( 10 muharram ) dapat menghapuskan dosa 1 tahun yang lantas. ” hadits ini tunjukkan bahwa puasa arofah lebih utama dari pada puasa ‘asyuro. diantara alasannya, puasa asyuro datang dari nabi musa, namun puasa arofah datang dari nabi kita muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam. keutamaan puasa arofah yaitu dapat menghapuskan dosa sepanjang dua th. serta dosa yang ditujukan disini yaitu dosa-dosa kecil. atau dapat juga yang ditujukan disini yaitu diringankannya dosa besar atau ditinggikannya derajat. wallahu a’lam bishowab.
apabila allah swt sudah memanggil anda, buka hati anda, jadi bersegeralah ke tanah suci, insya allah perjalanan ibadah berbarengan “shafa tours” lebih menentramkan hati.
« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».
“tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh allah melebihi amal sholeh yang dikerjakan pada hari-hari ini ( yakni 10 hari pertama bln. dzul hijjah ). ” beberapa teman dekat ajukan pertanyaan : “tidak juga jihad di jalur allah ?” nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “tidak juga jihad di jalur allah, jika orang yang berangkat jihad dengan jiwa serta hartanya tetapi tak ada yang kembali satupun.
ibnu rajab al hambali menyebutkan, “hal ini tunjukkan bahwa amalan mafdhul ( yang kurang utama ) bila dikerjakan di saat afdhol ( utama ) untuk beramal, jadi itu dapat menyaingi amalan afdhol ( amalan utama ) di waktu-waktu yang lain. amalan yang dikerjakan di saat afdhol untuk beramal dapat mempunyai pahala berlebih dikarenakan pahalanya yang dapat dilipatgandakan. ” mujahid menyebutkan, “amalan di sepuluh hari pada awal bln. dzulhijah dapat dilipatgandakan. ”
keutamaan sepuluh hari awal dzulhijah berlaku untuk amalan apa saja, tidak terbatas pada amalan spesifik, hingga amalan tersebut dapat shalat, sedekah, membaca al qur’an, serta amalan sholih yang lain. diantara amalan yang disarankan di awal dzulhijah yaitu amalan puasa. dari hunaidah bin kholid, dari istrinya, sebagian istri nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan,
عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal dzulhijah, pada hari ‘asyura’ ( 10 muharram ), berpuasa tiga hari tiap-tiap bulannya.
diantara teman dekat yang mempraktekkan puasa sepanjang sembilan hari awal dzulhijah yaitu ibnu ‘umar. ulama lain layaknya al hasan al bashri, ibnu sirin serta qotadah juga mengatakan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. inilah sebagai pendapat mayoritas ulama.
catatan : terkadang didalam hadits dijelaskan berpuasa pada sepuluh hari awal dzulhijah. yang ditujukan yaitu mayoritas dari sepuluh hari awal dzulhijah, hari idul adha tidak terhitung didalamnya serta tidak diperbolehkan berpuasa pada hari ‘ied.
keutamaan hari arofah
diantara keutamaan hari arofah ( 9 dzulhijah ) dijelaskan didalam hadits tersebut,
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ
“di pada hari yang allah banyak membebaskan seseorang dari neraka yaitu di hari arofah ( yakni untuk orang yang ada di arofah ). dia dapat mendekati mereka lantas dapat memperlihatkan keutamaan mereka pada beberapa malaikat. lantas allah berfirman : apa yang di idamkan oleh mereka ?”
tersebut keutamaan orang yang berhaji. saudara-saudara kita yang tengah wukuf di arofah sekarang ini sudah rela meninggalkan sanak keluarga, negeri, sudah juga menggunakan hartanya, serta badan-badan mereka lalu didalam kondisi letih. yang mereka kehendaki hanya ampunan, ridho, kedekatan serta pertemuan dengan rabbnya. dambaan mereka yang ada di arofah inilah yang dapat mereka dapatkan. derajat mereka lalu dapat bergantung dari kemauan mereka tiap-tiap.
keutamaan yang lain, hari arofah yaitu saat mustajabnya do’a. dari ‘amr bin syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ
“sebaik-baik do’a yaitu do’a pada hari arofah. ” maksudnya, inilah doa yang sangat cepat dipenuhi atau terkabulkan. lantas sebaiknya kaum muslimin memakai saat ini untuk banyak berdoa pada allah. do’a pada hari arofah yaitu do’a yang mustajab dikarenakan dikerjakan pada saat yang utama.
janganlah tinggalkan puasa arofah untuk yang tidak berhaji
untuk orang yang tidak berhaji disarankan untuk menunaikan puasa arofah yakni pada tanggal 9 dzulhijah. perihal ini menurut hadits abu qotadah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“puasa arofah bisa menghapuskan dosa 1 tahun yang lantas serta 1 tahun akan tiba. puasa asyuro ( 10 muharram ) dapat menghapuskan dosa 1 tahun yang lantas. ” hadits ini tunjukkan bahwa puasa arofah lebih utama dari pada puasa ‘asyuro. diantara alasannya, puasa asyuro datang dari nabi musa, namun puasa arofah datang dari nabi kita muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam. keutamaan puasa arofah yaitu dapat menghapuskan dosa sepanjang dua th. serta dosa yang ditujukan disini yaitu dosa-dosa kecil. atau dapat juga yang ditujukan disini yaitu diringankannya dosa besar atau ditinggikannya derajat. wallahu a’lam bishowab.
apabila allah swt sudah memanggil anda, buka hati anda, jadi bersegeralah ke tanah suci, insya allah perjalanan ibadah berbarengan “shafa tours” lebih menentramkan hati.