Apasihitu

Pengertianya adalah blog berbentuk magazine yang di didalamnya berisi hal hal dan tips trik menarik seputar pengertian, astronomi, sains, cinta, arkeologi, inspirasi, motivasi,tutorial photoshop, tutorial blogger, dan masih banyak lagi yang menarik dan bermanfaat lainya.

Kamis, 19 Juli 2012

Sidang Isbat Penentuan Ramadhan Digelar Hari Kamis 19 Juli 2012


Rukyatul Hilal
Jakarta, Seruu.com - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, Ahmad Jauhari memastikan bahwa pemerintah baru akan menetapkan hari pertama bulan Ramadan pada 19 Juli mendatang. Pada tanggal tersebut Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat bersama organisasi masyarakat Islam di Indonesia.
"Jadi awal ramadhan akan ditentukan pada 19 Juli. Akan ada dua tim dalam sidang isbat tersebut, yakni yang melakukan penghitungan hisab serta rukyat. Tetapi tahun ini memang ada potensi perbedaan hari pertama puasa," kata Ahmad Jauhari, Selasa (10/7/2012).

Menurut Ahmad, pemerintah sendiri akan menetapkan hari pertama puasa berdasarkan hasil hisab dan rukyat.

Metode hisab dilakukan berdasarkan perhitungan astronomi, yakni menghitung derajat ketinggian hilal (bulan). Setelah itu kepastian hari pertama bulan Ramadan akan ditetapkan berdasarkan terlihatnya hilal. Inilah yang disebut dengan metode rukyat.

Kementerian Agama akan tetap mengundang PP Muhammadiyah meski mereka telah menyatakan tak akan menghadiri sidang tersebut. Beberapa ormas Islam yang biasa hadir di antaranya Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam, dan Tarbiyah Islamiyah.

Berbeda dengan Kementerian Agama, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Ramadan atau hari pertama puasa jatuh pada 20 Juli 2012. Keputusan itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab, Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah Tahun 1433 Hijriah.

Berlangganan via email

 
Back To Top